Home / Gaya Hidup

Rabu, 20 Juli 2022 - 16:11 WIB

Nonmuslim Dilarang Masuk ke Mekah-Madinah, Kenapa?

Rambu jalan nonmuslim di Mekah. Getty Images/Frizi

Rambu jalan nonmuslim di Mekah. Getty Images/Frizi

AMORFATIMEDIA.COM – Orang Israel yang mengunjungi Kota Mekah bikin geger. Di sisi lain, kenapa orang nonmuslim dilarang masuk ke Mekah?

Jadi, seorang jurnalis televisi Israel membuat gempar setelah mengungkapkan bahwa dirinya telah mengunjungi kota suci Mekah di Arab Saudi. Kunjungan itu memicu kemarahan publik karena pemerintah Saudi sudah lama melarang nonmuslim masuk ke kota itu.

Diberitakan Vox, dikutip Rabu (20/7/2022), pemerintah Arab Saudi memang melarang semua orang nonmuslim memasuki kota suci Mekah. Mereka menerapkan aturan itu dengan sangat serius.

Kemungkinan seorang nonmuslim dapat menyelinap masuk tanpa diketahui di antara kerumunan jemaah tanpa terdeteksi atau berpura-pura menjadi muslim dan masuk dengan cara itu sangatlah kecil.

Tapi aktivitas terlarang itu tidak sepenuhnya mustahil. Sebab, beberapa orang telah melakukannya dalam ratusan tahun terakhir dengan tingkat keberhasilan yang sangat kecil.

Masuk secara legal ke Arab Saudi dikontrol dengan sangat ketat. Dokumen yang diperlukan untuk mendapatkan visa haji juga sangat rinci, apalagi saat momen haji. Saudi juga melarang nonmuslim masuk demi menjaga kekhusukan kaum muslimin dalam beribadah haji.

Baca Juga :  6 Tips Bangkit dari Kesedihan yang Bisa Kamu Coba

Jemaah harus memesan perjalanan haji melalui agen perjalanan haji yang disetujui pemerintah Saudi.

Untuk seorang mualaf muslim Barat untuk diizinkan pergi haji, ia harus menunjukkan dokumentasi dari seorang imam. Imam harus bersaksi secara tertulis bahwa dia mengenal orang yang bersangkutan dan bahwa orang tersebut adalah mualaf sejati

Mencoba masuk dengan visa turis biasa dan kemudian diam-diam berjalan ke Mekah juga tidak mungkin. Mendapatkan visa turis sebagai orang Barat sangatlah sulit.

Kemungkinannya kecil bisa lolos begitu saja dari pengawasan pemerintah Saudi dan melakukan perjalanan tanpa terdeteksi sepanjang jalan di Ibu Kota Riyadh ke Mekah. Jaraknya lebih dari 800 kilometer membelah gurun yang luas.

Baca Juga :  Bikin Kejutan! Klub Futsal Atta Halilintar Gaet Dewa Futsal Ricardinho

Satu-satunya cara bagi seorang nonmuslim untuk masuk pada dasarnya adalah melakukan tipuan, berpura-pura masuk Islam dengan niat cukup tulus untuk meyakinkan imam setempat bahwa Anda memang seorang muslim sejati.

Itu pernah terjadi sebelumnya. Pada 2015, seseorang berinisial WND menerbitkan seri tiga bagian yang ditulis dengan nama samaran oleh seseorang yang mengaku sebagai pria kulit putih nonmuslim Inggris yang berhasil pura-pura masuk Islam dan pergi haji.

Tetapi Anda harus benar-benar siap menghadapi semua masalah dan risiko yang berpotensi dideportasi. Risiko lain adalah dilarang masuk dari negara tersebut.

Belum lagi jika ada ketegangan hubungan internasional dan membuat marah hampir setiap muslim. Apakah itu sepadan hanya untuk masuk ke sebuah kota untuk melihat beberapa situs yang bahkan tidak memiliki makna religius bagi Anda

Selanjutnya, apakah nonmuslim diperbolehkan masuk ke Madinah?

Share :

Baca Juga

Gaya Hidup

5 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi, Apa Saja?

Gaya Hidup

Hindari Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Gaya Hidup

Minum Ini Sebelum Tidur, Bantu Bakar Lemak di Perut

Gaya Hidup

Perbuatan-perbuatan yang Termasuk dalam Pencemaran Nama Baik

Gaya Hidup

Bikin Bulu Kuduk Berdiri, Ratusan Patung Bergigi Manusia Asli

Gaya Hidup

Perbedaan Harga Indomie di Luar Negeri, Mulai dari Turki hingga Amerika

Gaya Hidup

Mahasiswa Tunanetra Ini Buktikan Disabilitas Bisa Punya Segudang Prestasi

Gaya Hidup

6 Tips Bangkit dari Kesedihan yang Bisa Kamu Coba