Home / Nusantara

Selasa, 16 Agustus 2022 - 07:40 WIB

Over Kapasitas, 28 Ekor Buaya di Lingga Dievakuasi ke Batam

Buaya berukuran 1-3 meter dievakuasi dari penampungan ke Penangkaran Buaya di Kota Pulau Bulan Kota Batam. Dok amorfatimediacom/Pram

Buaya berukuran 1-3 meter dievakuasi dari penampungan ke Penangkaran Buaya di Kota Pulau Bulan Kota Batam. Dok amorfatimediacom/Pram

AMORFATIMEDIA.COM – Sebanyak 28 ekor buaya yang ada di penampungan sementara di daerah Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) dievakuasi. Buaya berukuran 1-3 meter itu dievakuasi karena over kapasitas.

Buaya-buaya tersebut berasal dari hasil penangkapan satwa konflik yang dilakukan oleh Tim Satgas Penanggulangan Konflik Satwa Dinas Lingkungan Hidup Lingga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga Joko Wiyono mengatakan buaya-buaya itu dari sejumlah daerah di Lingga.

“Ini buaya-buaya dari Desa Keton, Desa Mepar, Desa Sungai Besar, Desa Kerandin dan daerah lainnya. Jadi udah 5 bulan di penangkaran ini,” ucap Joko Sabtu, 13 Agustus 2022 lalu.

Sementara itu, Kepala Balai BKSDA Riau, Genman Suhefti Hasibuan mengatakan evakuasi dilakukan setelah ada permintaan dari Dinas terkait. Di mana puluhan buaya diminta dievakuasi dari lokasi.

Baca Juga :  Kenaikan Harga BBM dan Jeritan Masyarakat Menengah ke Bawah

“Kami terima surat dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga pada 5 Agustus lalu. Mereka meminta evakuasi 28 buaya,” kata Genman, Senin (15/8/2022).

Dari surat itu, tim melakukan evakuasi 28 ekor buaya dari penampungan menuju ke Batam. Tercatat ada 5 ekor buaya ukuran di atas 3 meter, 6 ekor di atas ukuran 2 meter, 6 ekor ukuran 1 meter dan 11 ekor ukuran di bawah 1 meter.

“Semua diamankan dari konflik manusia dan satwa oleh petugas yang bertugas melakukan penanganan satwa konflik di pemukiman masyarakat,” kata Genman.

Puluhan buaya kemudian dievakuasi ke salah satu Penangkaran Buaya yang ada di Kota Batam, yakni PT Perkasa Jagat Karunia (PJK).

Baca Juga :  Berbisnis dengan Sukses Ala Rasululah SAW

Di mana perusahaan itu memiliki izin sesuai dari Surat Keputusan Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem tentang penangkaran buaya muara dan buaya air tawar.

“28 ekor buaya diturunkan di Pelabuhan Pulau Bulan untuk selanjutnya sementara dititipkan di Penangkaran Buaya Perkasa Jagat Karunia. Perusahaan ini juga binaan BBKSDA Riau,” kata Genman.

Proses evakuasi buaya sendiri dimulai 11 Agustus lalu. Saat ini sebanyak 28 ekor buaya telah sampai ke Batam untuk dititip kepada penangkaran.  Satgas tersebut bekerjasama dengan Seksi Konservasi Wilayah 2 Batam BBKSDA Riau.

(Pram/Pur)

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan setiap hari dari Amorfatimedia.com di Google News caranya Klik di Sini.

Share :

Baca Juga

Nusantara

Vaksin Booster Bakal Jadi Syarat Perjalanan Mudik Lebaran di Kepri, Anggota DPRD Kepri Menolak

Nusantara

Dugaan Korupsi Dana Hibah Rp 6,2 Miliar, Mantan Gubernur Kepri Isdianto Diperiksa

Nusantara

Ekspedisi Kebaikan Zakat BMH Tembus Negeri Bunda Tanah Melayu

Nusantara

Ibu Gorok 3 Anak di Jateng, Begini Alasannya

Nusantara

Cegah Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Lingga Lakukan Sosialisasi

Nusantara

Semua Pelabuhan di Kepri untuk Wisatawan Mancanegara di Izinkan Masuk

Nusantara

Keren! Tari Lingga Tampil di Liuk Igal Festival Kepri

Nusantara

Korea Selatan Danai Proyek Jembatan Batam-Bintan Kepri