Home / Opini

Rabu, 23 Maret 2022 - 09:57 WIB

Parpol Mandul dan Mahasiswa Hanya Berisik di Medsos, Soe Hok Gie Ada Benarnya

Ilustrasi demonstrasi. (Ist)

Ilustrasi demonstrasi. (Ist)

AMORFATIMEDIA.COM – Sejarah gerakan mahasiswa Indonesia sejak 1908 sampai 1998 tertuang dalam tulisan berjudul ”Gerakan Mahasiswa Selalu Setia Membela Rakyat, dari Menteri Tukang Ngobyek hingga Dramaturgi Minyak Goreng”.

Pada masa-masa pergantian rezim dari Orde Lama ke Orde Baru misalnya, perjuangan mahasiswa diformulasikan sebagai Tritura, tri tuntutan rakyat, yakni bubarkan PKI, rombak Kabinet Dwikora, dan turunkan harga.

Pada masa-masa genting tahun 1965-1966, Tritura merupakan mantra yang sangat ampuh menekankan indikasi yang jelas ke arah mana perjuangan diarahkan.

Baca Juga :  Aturan Hukum LGBT di Indonesia, Bisa Dipidana?

Rakyat mendukungnya dengan sangat antusias. Benar-benar menyampaikan pesan tuntutan rakyat. Namun, sejarah juga mencatat, bagaimana pada kemudian hari arah perjuangan itu belok ke arah berlainan.

Sampai-sampai, Soe Hok Gie mengirimkan paket berisi bedak, lipstik, dan cermin kepada rekan-rekan mahasiswanya yang telah masuk ke dalam lingkaran pemerintahan dan parlemen. Bagi Soe Hok Gie yang selalu kritis, langkah seperti itu merupakan pengkhianatan.

Perjuangan mahasiswa tahun 1998 bisa dikatakan lebih tragis lagi. Berhari-hari mereka menduduki gedung parlemen di Senayan menyampaikan aspirasi agar Soeharto mundur dari jabatannya sebagai presiden selama tiga dasawarsa.

Baca Juga :  Kenali Pemahaman Healing yang Tepat

Setelah Soeharto mundur, momentumnya justru dibajak sekumpulan politisi oportunis. Padahal, beberapa mahasiswa menjadi korban penembakan dan perkaranya sampai sekarang dibiarkan gelap gulita.

Belakangan ini, sebagian besar rakyat mengalami kesusahan akibat langkanya minyak goreng. Sementara baik parpol, ormas, maupun kelompok prodemokrasi, tidak ada yang bersuara lantang menggugat pemerintah yang membiarkan masalahnya pada kecenderungan pasar.

Share :

Baca Juga

Opini

Etnografi Maulid dan Ragam Islam Nusantara

Opini

Haji Agus Salim, Memimpin adalah Menderita

Opini

Kenali Pemahaman Healing yang Tepat

Opini

Misteri Segitiga Bermuda dan Teori Keberadaannya

Opini

Mahasiswa Manja! Efek Kuliah Online

Opini

Masalah Bebasnya Napi Korupsi

Opini

G.J. Resink Bongkar Mitos Indonesia Dijajah 350 Tahun oleh Belanda

Opini

Semiotika Kebencian