Home / Nasional

Selasa, 10 Mei 2022 - 09:56 WIB

Pembawa Pesan Perdamaian di Korea Selatan, Megawati Terima Gelar Profesor

Megawati Soekarnoputri/Ist

Megawati Soekarnoputri/Ist

AMORFATIMEDIA.COM – Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri mendarat di Seongnam, Seoul, Korea Selatan, Ahad, 8 Mei 2022. Di Negeri Ginseng itu Megawati menghadiri acara pelantikan Presiden Korsel sekaligus menerima penganugerahan gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA). Dua agenda itu akan berlangsung pada 10-11 Mei 2022.

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto  menjelaskan SIA memberi gelar profesor tersebut karena menilai besarnya kontribusi dan komitmen kemanusiaan Megawati dalam memperjuangkan perdamaian di Semenanjung Korea, serta perhatiannya terhadap demokrasi, lingkungan dan kebudayaan.

“Bahkan Ibu Mega pernah jadi utusan khusus Presiden Korea Selatan untuk ke Korea Utara dalam menjalankan diplomasi perdamaian. Karena pada dasarnya Korea ini kan satu bangsa dua negara,” dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga :  Jelang Pendaftaran Peserta Pemilu 2024, Bawaslu Lingga Ingatkan KPU Patuhi Aturan

Dia mengatakan, hanya karena perbedaan ideologi akibat perang dingin, kemudian terpecah jadi dua negara, sehingga proses reunifikasi Korea harus terus menerus dijalankan dengan cara damai dan dialog. “Diplomasi kebudayaan merupakan pendekatan penting yang bisa dilakukan,” ujar dia.

Gelar dari SIA bukan yang pertama dari Korsel untuk Megawati. Sebelumnya, Megawati juga menerima gelar doktor honoris causa dari beberapa universitas di Korea.

Pemberian gelar profesor dari SIA ini, menurut Hasto, menjadi penting di tengah ketegangan hubungan Selatan dan Utara saat ini, terutama setelah Korea Utara belum lama ini meluncurkan rudal balistik.

Sebaab Ibu Mega yang konsisten dalam membangun dan mewujudkan perdamaian di Korea, diharapkan dengan kepemimpinan Ibu Mega yang diterima kedua belah pihak, dalam membantu proses dialog bagi masa depan peninsula itu. Dan di sinilah pemberian profesor kehormatan diberikan kepada Ibu Megawati dari SIA. Karena memang pendekatan kebudayaan itu suatu hal yang sangat penting,” kata Hasto.

Baca Juga :  Temuan Pansus LKPJ DPRD Karimun, PAD Karimun Terancam oleh Tambang Pasir

Kata Hasto, SIA, juga sudah melakukan kajian-kajian terhadap kepemimpinan Megawati dan dedikasinya terhadap kebudayaan sebelum memberikan gelar tersebut.

“Kalau kita lihat ke dalam, PDI Perjuangan adalah satu-satunya partai di Indonesia yang memiliki Badan Kebudayaan. Badan ini terbukti efektif dalam menjabarkan Pancasila melalui jalan Trisakti,” kata Hasto.

Gelar profesor kehormatan dari SIA ini akan menjadi yang kedua untuk Megawati. Sebelumnya,  pada Juni 2021 lalu, Megawati menerima gelar Profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI di Bidang Kepemimpinan Strategik.

(Pur/Pram)

Share :

Baca Juga

Nasional

Daftar PPPK Guru, Pelamar terdaftar di Dapodik tapi tidak ada di Database sscasn.bkn.go.id. Ini Solusinya

Nasional

Harga BBM Justru Turun di SPBU Vivo, Satu Perusahaan dengan Ponsel Vivo?

Nasional

Mulai Besok, Tenaga Kerja Asing Dilarang Masuk RI

Nasional

UU TPKS Disahkan, Pemaksa Perkawinan Anak Dihukum 9 Tahun Penjara

Nasional

Sah! MK Putuskan Anwar Usman Mundur dari Kursi Ketua

Nasional

Mulai Besok Pemerintah Gelar Vaksinasi Booster Dosis 2, Ini Syaratnya

Nasional

Persiapkan Diri, Pemerintah Akan Buka 1 Juta Formasi CPNS dan PPPK 2022

Nasional

BI dan Pemerintah Luncurkan Rupiah Terbaru, Ada Gambar ‘Misterius’