Home / Islam Digest

Kamis, 7 Juli 2022 - 13:58 WIB

Penyakit Dunia Islam yang Paling Berbahaya

Badiuzaman said Nursi. hizmetnews

Badiuzaman said Nursi. hizmetnews

AMORFATIMEDIA.COM – Badiuzzaman Said Nursi merupakan seorang ulama dan pemikir besar asal Turki. Berdasarkan pemikiran yang dihasilkan dari pengalamannya, dia mengungkapkan bahwa penyakit bangsa yang paling berbahaya adalah rasa putus asa.

“Rasa putus asa merupakan penyakit yang paling berbahaya. Ia telah mengalir dan menyebar di jantung dunia Islam,” ujar Nursi dikutip dari bukunya yang berjudul “Khutbah Syamiyah: Manifesto Kebangkitan Umat Islam” terbitan Risalah Nur Press.

Menurut Nursi, rasa putus asa itu membuat dunia Islam tergelepar tak berdaya seperti orang mati, sehingga negara Barat yang hanya memiliki dua juta penduduk berhasil menguasai negara muslim di Timur yang berpenduduk 20 juta jiwa, dan negara Barat tersebut menjajah negara Timur dan dijadikannya sebagai pelayan mereka.

Baca Juga :  Uwais Al Qarni, Orang Miskin yang Terkenal di Langit

“Itulah rasa putus asa yang telah mematikan budi pekerti kita yang luhur, telah mengalihkan pandangan kita dari kepentingan orang banyak dan membelenggu dalam kepentingan pribadi,” ucap Nursi.

Menurut dia, itulah rasa putus asa yang telah menghancurkan kekuatan spiritual umat Islam. Dengan kekuatan yang sedikit, kekuatan spiritual yang bersumber dari iman telah menguasai bagian Timur dan Barat bumi.

Namun,  ketika kekuatan spiritual yang luar biasa itu dihancurkan oleh rasa putus asa, bangsa asing yang zalim telah berhasil  menguasai dan membelenggu 300 juta umat Islam sejak empat abad yang lalu.

Karena rasa putus asa ini, lanjut Nursi, sampai-sampai seseorang mencari-cari alasan untuk membenarkan kemalasannya demi melihat sikap apatis dan ketidakpedulian orang lain.

Baca Juga :  KM Bintang Surya Terbakar di Perairan Karimun, 1 ABK Tewas

Lalu orang itu mengatakan, “Apa salahku, semua orang juga bermalas-malas sepertiku.” Orang itu pun enggan ikut serta berkhidmat pada Islam dan meninggalkan kemuliaan iman.

Nursi menjelaskan, selama penyakit ini  menjalar begitu rupa dalam diri kita dan membunuh kita dengan sepengetahuan kita, maka kita harus bertekad untuk melakukan pembalasan. Kita akan penggal kepala rasa putus asa tadi dengan pedang:

لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗ

“Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah.” (QS.Az-Zumar [39]: 53)

Kita akan membinasakannya dengan hakikat Nabi SAW…

Share :

Baca Juga

Islam Digest

Alasan Rasulullah SAW Menolak Sholati Jenazah yang Tersangkut Utang

Islam Digest

Inilah Golongan yang akan Merugi pada Hari Kiamat

Islam Digest

Wajib Dicoba! 4 Jenis Obat yang Disebut dalam Alquran

Islam Digest

Iman Kepada Takdir Allah dan Hikmahnya

Islam Digest

Iblis Marah, Ini yang dilakukannya di Hari Raya Idul Fitri

Islam Digest

Zikir Harian Dibaca pada Waktu Pagi Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Islam Digest

Bumi dan Malaikat Menangisi Kepergian Ramadhan

Islam Digest

Uwais Al Qarni, Orang Miskin yang Terkenal di Langit