Home / Nusantara

Rabu, 20 April 2022 - 16:28 WIB

PLTS Senilai Rp71,8 Triliun akan Dibangun di Kepulauan Riau

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad (tengah) saat bersama CEO Quantum Power Asia dan ib vogt usai penandatanganan MoU kerja sama pembangunan PLTS. (KBRI Singapura)

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad (tengah) saat bersama CEO Quantum Power Asia dan ib vogt usai penandatanganan MoU kerja sama pembangunan PLTS. (KBRI Singapura)

AMORFATIMEDIA.COM – Dalam rangka mendukung ambisi pengurangan gas emisi dan pengembangan proyek energi bersih dan terbarukan di Indonesia, dua perusahaan pengembang PLTS berskala dunia yakni Quantum Power Asia dan ib vogt bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melakukan penandatanganan nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU).

Bertempat di Kedutaan Besar Indonesia di Singapura, penandatanganan MoU disaksikan langsung Duta Besar RI untuk Singapura, Suryopratomo dan Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad.

MoU pertama yaitu terkait rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terbesar dunia di Indonesia oleh Quantum Power Asia dan ib vogt bersama dengan Pemerintah Provinsi Kepri. Proyek pembangunan PLTS ini bernilai Rp71,8 triliun.

Baca Juga :  Pegawai Bank Riau Kepri Tilap Uang Nasabah Rp 5 M untuk Judi Online

Sedangkan MoU kedua, yaitu antara Sunseap Group dan Pemerintah Kepri, terkait pembangunan tenaga solar skala besar yang akan menyalurkan listrik ke Kepri dan Singapura. MoU ini mencakup ketersediaan 3.000 hektare lahan untuk membangun pembangkit energi surya dan sistem penyimpanan energi.

Dubes Suryopratomo dalam sambutannya, menyampaikan kerja sama ini menunjukkan dukungan antara Indonesia dan Singapura dalam sektor energi bersih serta memastikan pertumbuhan ekonomi kedua negara.

Tommy menegaskan negara-negara harus saling bekerja sama untuk mengurangi emisi gas. Indonesia memberikan komitmen kontribusi pengurangan 29 persen emisi gas, namun dengan adanya kerja sama dengan berbagai pihak, diharapkan pengurangan dapat mencapai 41 persen.

Baca Juga :  Wisatawan Singapura yang Berkunjung ke Kepri Tak Perlu Lagi Tes PCR

“Pemilihan Kepulauan Riau (Kepri) sebagai tempat pembangunan energi terbarukan merupakan keputusan tepat, dikarenakan Kepri memiliki kurang lebih 2000 pulau tak berpenghuni yang dapat digunakan untuk lahan pertanian dan energi terbarukan,” ujar Dubes Tommy dalam keterangannya, Selasa, 19 April 2022.

Tommy mengatakan KBRI Singapura siap untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan dalam upaya implementasi kerja sama ini.

Share :

Baca Juga

Nusantara

Berlabuh di Kepri, Kapal Pesiar Diusulkan Tidak Dipungut PNBP

Nusantara

Deretan Nama 75 Kepala Desa di Lingga yang Dilantik Nizar Hari Ini

Nusantara

Petugas PLN di Karimun Tewas Tersengat Listrik Saat Bertugas

Nusantara

Bea Cukai Kepri Gagalkan Penyeludupkan Benih Lobster Senilai Rp14 Miliar

Nusantara

26 Maret 2022 Kasus Covid di Kepri 69563

Nusantara

Panitia Mengaku Malu, Muswil Pemuda Pancasila Kepri Menyisakan Utang
Lingga

Nusantara

Rugikan Negara Rp.674 Juta, Mantan Kades di Lingga jadi Tersangka

Nusantara

Polisi Ungkap Korupsi Rp 6,2 Miliar pada Bidang Kepemudaan dan Olahraga Pemprov Kepri