Home / Nusantara

Jumat, 20 Mei 2022 - 06:04 WIB

Setelah 2 Tahun Dihentikan, Pelayaran Karimun-Malaysia Kembali Dibuka

Gubernur Kepri Ansar saat peresmian rute pelayaran internasional Karimun-Malaysia resmi dibuka kembali, Kamis (19/2/2022)/Dok Humas Pemprov Kepri

Gubernur Kepri Ansar saat peresmian rute pelayaran internasional Karimun-Malaysia resmi dibuka kembali, Kamis (19/2/2022)/Dok Humas Pemprov Kepri

AMORFATIMEDIA.COM – Rute pelayaran internasional Karimun-Malaysia resmi dibuka kembali setelah dua tahun dihentikan akibat pembatasan yang terjadi selama pandemi Covid-19.

Peresmian ditandai dengan pelepasan pelayaran perdana rute Tanjungbalai Karimun-Kukup Pontian Malaysia dan Tanjungbalai Karimun-Puteri Harbour Johor Malaysia oleh Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad didampingi Bupati Karimun Aunur Rafiq di Dermaga Pelabuhan Internasional Tanjung Balai Karimun, Kamis (19/5/2022).

“Terlebih, saat ini masyarakat terdorong untuk melakukan silaturahmi setelah pembatasan selama pandemi Covid-19. Ada banyak masyarakat Kepri yang memiliki sanak saudara di Malaysia dan Singapura,” kata Ansar dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

Ansar mengatakan akan mendorong agar kewajiban asuransi yang saat ini menjadi syarat perjalanan bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) ditiadakan.

Baca Juga :  Hanya Megawati yang Bisa "Meredam" Kim Jong Un

“Kami tentu akan meminta pemerintah pusat mempertimbangkan untuk meniadakan asuransi ini. Sebab, hampir setiap PPLN yang (berkunjung) ke Tanjungpinang, Batam, dan Bintan, (hasil tesnya) tidak ditemukan terpapar Covid-19,” ujarnya.

Lanjut Ansar, pihaknya akan berupaya untuk dapat membuka rute Tanjungbalai Karimun-Harbourt Front Singapura.

“Kami akan dorong dengan meminta dukungan pemerintah pusat agar rute Karimun-Singapura juga bisa dibuka. Kemarin, Menteri Perhubungan (Menhub) sudah ke Singapura untuk membahas hal ini,” katanya.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Pusat atas dibukanya Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun.

Baca Juga :  Hakim di Lampung Vonis Bebas Mafia 92 Kg Sabu

“Terima kasih pemerintah pusat atas kebijakannya membuka kembali Pelabuhan Internasional Karimun ini. Begitu juga kepada Gubernur Kepri yang telah intens mendorong dibukanya pelabuhan ini,” kata Aunur.

Tidak hanya di Karimun, Perbadanan Pengangkutan Awam Johor juga direncanakan akan menyambut pelayaran perdana tersebut secara resmi saat kapal dari Karimun tiba dengan acara Pembukaan Semula Operasi Terminal Feri Antarabangsa.

Direncanakan dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Perhubungan Kepri Junaidi hadir. Ia akan ikut pelayaran perdana dari Karimun.

Reporter: M.Azrin
Redaktur: Pursyahdad

Share :

Baca Juga

Nusantara

Kedai Qu, Tempat Oleh-Oleh Khas Lingga Jual Produk UMKM

Nusantara

Dugaan Korupsi Dana Hibah Dispora, Mantan Gubernur Kepri Akan Diperiksa

Nusantara

Gubernur Kepri lantik Endang Abdullah sebagai Wakil Walikota Tanjungpinang

Nusantara

Oknum Ketua RT di Karimun Cabuli Balita, Modusnya Diajak Jalan-jalan

Nusantara

Nelayan diminta Waspada, Gelombang Tinggi di Perkirakan terjadi di Anambas dan Natuna

Nusantara

Dugaan Korupsi Pengadaan Pupuk, Mantan Kadis Pertanian Lingga Resmi Ditahan

Nusantara

Gelar Apel Siaga, Bawaslu Lingga Dorong Sinergisitas Antar Semua Komponen

Nusantara

KM Bintang Surya Terbakar di Perairan Karimun, 1 ABK Tewas