Home / Nusantara

Jumat, 23 September 2022 - 06:41 WIB

Siap-Siap, Bule di Kepri Melanggar Lalu Lintas Akan Ditindak

Bule mendapat penjelasan dari petugas kepolisian bahwa dirinya melanggar peraturan lalu lintas. Tribun

Bule mendapat penjelasan dari petugas kepolisian bahwa dirinya melanggar peraturan lalu lintas. Tribun

AMORFATIMEDIA.COM – Direktorat Polisi Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memberlakukan Electronic Traffic Law Enforcement atau E-TLE di kota Batam. Satu bulan kedepan akan dilakukan uji coba.

“Hari ini Polda Kepri mulai memberlakukan uji coba E-TLE untuk wilayah Kota Batam. Sesuai arahan kakorlantas hingga 30 hari kedepan akan dilakukan uji coba dan evaluasi. Usai uji coba akan dilakukan penindakan,” Kata Dirlantas Polda Kepri, Kombes Tri Yulianto, Kamis (22/9/2022).

Penerapan E-TLE di Batam menjadi berbeda karena Ditlantas Polda Kepri menggandeng Imigrasi Kelas I Batam melakukan penindakan Warga Negara Asing (WNA) yang Melakukan pelanggaran lalu lintas di Batam.

“Kami membuat satu terobosan dengan kolaborasi dengan Imigrasi Kelas I Khusus Batam dengan bentuk penindakan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan WNA di wilayah hukum Polda Kepri khususnya Batam,” kata Dirlantas Polda Kepri, Kombes Tri Yulianto.

Baca Juga :  Menghitung Kekuatan King Maker Menjelang Pilpres 2024

Teknis penindakan bagi WNA yang melanggar lalu lintas yang terekam E-TLE nantinya akan dikoordinasikan oleh Ditlantas Polda Kepri ke Imigrasi Kota Batam. Sehingga WNA yang belum menyelesaikan kewajibannya atas pelanggaran lalu lintas belum diizinkan keluar dari Batam sebelum ia menyelesaikan kewajibannya.

“WNA yang melanggar nantinya akan meninggalkan Batam nantinya akan diminta petugas imigrasi untuk menyelesaikan kewajibannya seperti membayar denda bukti pelanggaran lalu lintas, dan dari Pengadilan Negeri Batam. Kita harapan bisa diterapkan denda maksimal,” jelas Tri.

Baca Juga :  JMSI Nobatkan Ansar Ahmad Sebagai Tokoh Inspirasi Kemerdekaan Pers

Tri Yulianto menyebutkan penerapan E-TLE yang mulai diberlakukan hari ini dalam 30 hari kedepan masih akan dilakukan uji coba. Sehingga penindakan yang diberikan masih berupa teguran.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Subki Miuldi menambahkan, saat ini pihaknya sedang membahas nota kesepahaman dengan Polda Kepri untuk teknis di lapangan.

“Jadi untuk lengkapnya belum, tapi saat ini yang baru dibahas tentang pemberian data WNA yang melanggar kepada imigrasi,” kata Subki.

(Conet/Pram)

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan setiap hari dari Amorfatimedia.com di Google News caranya Klik di Sini.

Share :

Baca Juga

Nusantara

Agung, Kades Termuda di Lingga Ternyata Masih Mahasiswa

Nusantara

Deretan Nama 75 Kepala Desa di Lingga yang Dilantik Nizar Hari Ini

Nusantara

Jangan Kaget, Gubernur Kepri Punya Tim Khusus Gajinya Segini

Nusantara

Target 733 Sertipikat Gratis, Bupati Lingga: Bentuk Kepedulian kepada Masyarakat

Nusantara

DKP Kepri Minta Peralatan Awasi Sumber Daya Laut

Nusantara

Korupsi Dana Desa Rp 692 Juta, Mantan Kades dan Bendahara di Lingga Divonis 4 Tahun Penjara

Nusantara

Mulai 1 September 2022, Harga BBM nonsubsidi di Kepri Turun

Nusantara

Terungkap! Mardi Beberkan di Upah 1 Juta Sekali Jalan Bawa Kayu Ilegal Lingga ke Tanjungpinang