Home / Pemilu

Rabu, 17 Agustus 2022 - 06:09 WIB

Sri Mulyani Gelontorkan Anggaran Rp 19,5 Triliun buat Persiapan Pemilu

Menteri Keuangan Sri Mulyani. ANTARA/Galih Pradipta

Menteri Keuangan Sri Mulyani. ANTARA/Galih Pradipta

AMORFATIMEDIA.COM – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan data Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2023. Sebanyak Rp 993 triliun dianggarkan untuk pemerintah pusat Kementerian/ Lembaga (K/L), termasuk untuk kebutuhan pemilu.

Dari dana sebesar itu, Pemerintah akan menganggarkan dana Rp 14 triliun untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), sedangkan untuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rp 5,5 triliun. Ia menambahkan ada permintaan tambahan dana dan sudah diverifikasi Kemenkeu.

“Kita estimasi kebutuhan mencapai Rp 14 triliun dan untuk Bawaslu Rp 5,5 triliun. Anggaran Pemilu yang paling besar nanti akan terjadi di 2024 saat pelaksanaan Pemilu itu terjadi,” kata bendahara negara tersebut saat konferensi pers di Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2022.

Baca Juga :  Deja Vu Sipol dan Gugatan Pemilu

Lebih jauh Sri Mulyani menyatakan, untuk keseluruhan anggaran yang diajukan KPU dan Bawaslu telah diverifikasi baik untuk yang diajukan pencairan tahun ini maupun tahun mendatang. Oleh sebab itu, dia memastikan, anggarannya sudah disiapkan.

“Tahun ini ada permintaan tambahan yang kita sudah melakukan verifikasi apa-apa yang memang dibutuhkan untuk tahun 2022, untuk tahun 2023 mengikuti siklus pemilu,” ucap mantan Managing Director Bank Dunia tersebut.

Baca Juga :  PLTS Senilai Rp71,8 Triliun akan Dibangun di Kepulauan Riau

Adapun persiapan pemilu dilakukan berbagai lembaga seperti KPU, Bawaslu, Polri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Dalam Negeri dan RRI. Hal ini termasuk dalahan dan pengamanan pemilu, persiapan untuk pelaksanaan pilkada serentak, dan program gerakan cerdas memilih.

Editor: Pursyahdad

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan setiap hari dari Amorfatimedia.com di Google News caranya Klik di Sini.

Share :

Baca Juga

Pemilu

Jelang Pendaftaran Peserta Pemilu 2024, Bawaslu Lingga Ingatkan KPU Patuhi Aturan

Pemilu

Jokowi larang menteri bicara Pemilu, PAN: Pintu sudah tertutup

Pemilu

Isu Panas Reshuffle Kabinet, Jokowi Panggil Sejumlah Menteri

Pemilu

Pendaftaran Dibuka Agustus 2022, 21 Parpol Sudah Miliki Akun Sipol

Pemilu

Meski di Tolak, Ombudsman Tetap Lanjut Penyelidikan Dugaan Maladministrasi Seleksi Bawaslu Kepri

Pemilu

Jelang Pemilu 2024, KPU Sebut Pemilih Berjumlah 190 Juta

Pemilu

Memahami Pengertian PPS dan KPPS, dari Sejarah hingga Tugas dalam Pemilu

Pemilu

Terancam Menganggur, PKS Minta Pemerintah Cari Solusi Soal Tenaga Honorer