Home / Nusantara

Senin, 9 Agustus 2021 - 22:13 WIB

Suarta : Pelaksanaan Pemilihan Kades di Lingga Tidak Menyalahi Aturan

Perhitungan Suara pelaksanaan pilkades serentak di Desa Panggak Laut Kecamatan Lingga pada Sabtu, 7 Agustus 2021 lalu. Foto : Istimewa

Perhitungan Suara pelaksanaan pilkades serentak di Desa Panggak Laut Kecamatan Lingga pada Sabtu, 7 Agustus 2021 lalu. Foto : Istimewa

AMORFATIMEDIA.COM, LinggaMenteri dalam negeri menerbitkan Surat Edaran (SE) dengan nomor 141/4251/SJ tentang Penundaan Pelaksanaan Pilkades Serentak dan Pemilihan Antar Waktu pada masa pandemi Covid-19.

SE yang ditujukan kepada Bupati/Walikota Pelaksana Pilkades Serentak dan PAW di seluruh Indonesia ini dikeluarkan pada 9 Agustus 2021.

“Melakukan penudaan pelaksanaan tahapan pemilihan kepala desa baik serentak maupun pemilihan antar waktu yang berpotensi menimbulkan kerumunan seperti pengambilan nomor urut, kampanye calon dan pemungutan suara dalam rentang waktu 2 (dua) bulan sejak surat ini ditandangani atau ditetapkan kebijakan lebih lanjut. Penundaan yang dilakukan sebagaimana yang dimaksud tidak membatalkan tahapan yang telah dilaksanakan sebelumnya”, demikian bunyi SE Mendagri yang diterima amorfatimedia.com

Menanggapi SE tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lingga, Suarta Andika mengatakan Pemerintah Kabupaten Lingga telah menyurati Dirjen Bina Pemerintah Desa.

Baca Juga :  Mengenal Kain Dagang, Pakaian Tradisional Melayu Lingga Kepri

“Kita sudah menyurati kesiapan kabupaten lingga dalam pelaksanaan pilkades serentak sesuai prokes covid 19”, ujar Suarta

Menurut Suarta, Pelaksanaan Pemilihan Kades yang digelar serentak pada tanggal 7 Agustus lalu tidak menyalahi aturan.

“Intinya pelaksanaan pilkades serentak dikabupaten lingga tahun 2021, sebelum surat edaran tersebut keluar,” kata Suarta.

Baca Juga :  Dugaan Korupsi Pengadaan Pupuk, Mantan Kadis Pertanian Lingga Resmi Ditahan

Dia melanjutkan, SE mendagri tentang Penundaan Pelaksanaan Pilkades Serentak dan Pemilihan Antar Waktu tidak menunda pelantikan Kades yg semula akan dijadwalkan pada 28 Agustus 2021.

“Pelantikan insyaallah tetap diproses. Mungkin secara virtual,” ucap Suarta.

Beberapa hari yang lalu, sebanyak 75 desa di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa.

Penyelenggaraan Pilkades ini digelar saat Lingga masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 sejak 28 Juli hingga 13 Agustus 2021.

Reporter : Pursyahdad
Editor : Pramonco

Share :

Baca Juga

Nusantara

Desa Teluk Lingga Dalam Cengkraman Tambang Pasir Kuarsa

Nusantara

Bocah Usia 2 tahun di Lingga Kepri Tewas Ditabrak Motor, Pelaku Anak di Bawah Umur

Nusantara

Pengembangan Bandara di Karimun Dapat Lampu Hijau dari KLHK

Nusantara

Turnamen Bola Voli Desa Bukit Harapan Resmi di Mulai, Hadiahnya Menggiurkan

Nusantara

Polisi Gerebek Judi Online di Kepri Beromzet Ratusan Juta Rupiah

Nusantara

Exit metting BPK RI, Nizar harap Lingga Kembali Raih WTP

Nusantara

Fonema Hujan Es di Batam Kepri, Begini Penjelasan BMKG
BC Karimun

Nusantara

Bea Cukai Karimun Sita Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal