Home / Nusantara

Rabu, 10 Agustus 2022 - 10:43 WIB

Tak Lapor SPT dan Buat Negara Merugi Rp 6 Miliar, Rumah Warga Kepri Disita

Kanwil DJP Kepri menggelar konferensi pers kasus pidana pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kabupaten Bintan, di Tanjungpinang, Selasa (9/8/2022). ANTARA

Kanwil DJP Kepri menggelar konferensi pers kasus pidana pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kabupaten Bintan, di Tanjungpinang, Selasa (9/8/2022). ANTARA

AMORFATIMEDIA.COM – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kepulauan Riau (Kepri) menyita rumah warga Kabupaten Bintan berinisial TL.

Pemilik CV RP itu disita asetnya karena tidak melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Badan untuk tahun pajak 2016, 2017, 2018 dan 2019.

TL juga disebut tidak menyampaikan SPT masa Januari sampai dengan Desember 2016, masa Januari sampai dengan Desember 2017, masa Januari sampai dengan Desember 2018 dan masa Januari sampai dengan Desember 2019.

Selain itu, TL tidak melakukan pencatatan dan tidak menyelenggarakan pembukuan atas kegiatan dan hasil usaha yang dilakukan sejak 2016 hingga 2019. Tindakan itu disebut telah membuat negara merugi hingga Rp 6 miliar.

“Ancaman pidana yang dijatuhkan kepada tersangka TL adalah pidana paling lama 6 tahun dan denda paling banyak 4 kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar,” kata Kepala Kanwil DJP Kepri Cucu Supriatna dalam konferensi pers, di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kabupaten Bintan, di Tanjungpinang, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga :  Melayu Lingga Kepri Selenggarakan Haul Jamak Menjelang Ramadan

Menurut Cucu, tersangka TL tidak melakukan pencatatan dan tidak menyelenggarakan pembukuan atas kegiatan dan hasil usaha yang dilakukan selama tahun 2016 hingga 2019.

“Tersangka seolah-olah tidak mengerti kewajiban perpajakan apa saja yang harus dilakukan oleh wajib pajak badan, sehingga tidak membuat dan tidak menyampaikan SPT masa PPN serta tidak melakukan pemungutan PPN yang menjadi kewajiban pengusaha kena pajak,” ujarnya pula.

Saat ini, Kanwil DJP Kepri sedang menelusuri aset lain milik TL atau keluarganya untuk juga disita. Hasil sitaan dalam kasus ini bakal digunakan untuk menutupi kerugian negara.

“Penyidikan telah dinyatakan lengkap (P-21) oleh Kejaksaan Tinggi Kepri pada tanggal 1 Agustus 2022,” katanya lagi.

Cucu Supriatna menegaskan penahanan terhadap tersangka TL telah dilakukan oleh PPNS Kanwil DJP Kepri yang dibantu Koordinator Pengawas (Korwas) PPNS Polda Kepri, karena yang bersangkutan terindikasi atau dikhawatirkan akan melarikan diri ke luar negeri sebelum diserahkan ke kejaksaan.

Baca Juga :  Laksanakan perintah Kapolri, Polsek Daik Lingga Kepri buka gerai Vaksinasi Covid-19

“Pada hari ini, tersangka TL beserta barang bukti terkait tindak pidana yang dilakukannya telah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Bintan di bawah pengawasan Kejati Kepri untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut,” katanya lagi.

Kepala Kanwil DJP Kepri menambahkan kasus ini harus menjadi perhatian dan peringatan kepada seluruh wajib pajak agar melaksanakan pemenuhan kewajiban perpajakannya yaitu menghitung, menyetor, dan melaporkan pajaknya yang terutang dengan benar, lengkap, dan jelas secara sendiri.

Apalagi pembayaran pajak kini sudah semakin mudah dengan pelayanan yang sudah semakin terintegrasi dan terdigitalisasi demi menuju Pajak Kuat Indonesia Maju.

(Kadri/Pram)

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan setiap hari dari Amorfatimedia.com di Google News caranya Klik di Sini.

Share :

Baca Juga

Nusantara

Anggota Satpol PP di Karimun Ditemukan Tewas Gantung Diri

Nusantara

Bupati Lingga lantik M. Syahrial Jadi Direktur BUMD Lingga

Nusantara

3 Pria di Karimun Tertangkap Tangan Timbun Solar Subsidi 1,4 Ton

Nusantara

Jangan Kaget, Gubernur Kepri Punya Tim Khusus Gajinya Segini

Nusantara

Kasus Korupsi Dana Hibah Dispora Kepri, Polisi Serahkan Berkas ke Kejati Kepri

Nusantara

Neko Wesha Pawelloy Ditunjuk Jadi Wakil Ketua tim 11 Pembentukan BPPKB Kelapa Indonesia

Nusantara

Exit metting BPK RI, Nizar harap Lingga Kembali Raih WTP

Nusantara

KPU RI Lantik Dedy Suardi jadi Anggota KPU Lingga