Home / Dunia

Jumat, 20 Mei 2022 - 09:32 WIB

Teori Konspirasi! Bill Gates Dituding Jadi Dalang Wabah Cacar Monyet

Penyakit cacar monyet yang umum ditemukan di Afrika kini menyebar di kawasan Eropa. Sebenarnya, dari mana asal cacar monyet? (via REUTERS/CDC/BRIAN W.J. MAHY)

Penyakit cacar monyet yang umum ditemukan di Afrika kini menyebar di kawasan Eropa. Sebenarnya, dari mana asal cacar monyet? (via REUTERS/CDC/BRIAN W.J. MAHY)

AMORFATIMEDIA.COM – Pandemi COVID-19 belum usai, muncul laporan varian baru virus Hendra dan kasus baru cacar monyet. Keduanya belakangan menjadi topik perbincangan hangat di dunia maya.

Sejumlah teori konspirasi beredar di Twitter menyebut Bill Gates berada di balik kemunculan wabah cacar monyet setelah munculnya laporan kasus penyakit langka itu di Eropa yang sebagian besar terjadi di Inggris pada minggu ini.

Cacar monyet disebabkan oleh virus cacar monyet atau monkeypox virus (MPXV). Dilansir dari laman CDC, virus merupakan bagian dari genus Orthopoxvirus. Genus ini juga mewadahi virus serupa yakni virus variola (penyebab cacar), virus vaccinia (digunakan dalam pembuatan vaksin) dan virus cacar sapi (cowpox virus)

Baca Juga :  Mengapa Sholat Lima Waktu Begitu Istimewa dalam Islam, Simak Alasannya!

Telah dilaporkan bahwa WHO mungkin membahas kemungkinan perjanjian pandemi di pertemuan itu yang pada dasarnya akan menciptakan sistem yang lebih baik untuk kerja sama internasional dalam melawan ancaman kesehatan.

Kasus cacar monyet muncul kurang dari setahun setelah Bill Gates, multi-miliarder AS dan salah satu pendiri Microsoft serta organisasi amal swasta Yayasan Bill & Melinda Gates itu memperingatkan bahwa pemerintah harus bersiap untuk pandemi di masa depan dan hipotetis tindakan bioterorisme cacar dengan menginvestasikan miliaran ke penelitian sesuatu yang juga dia peringatkan pada tahun 2017 lalu.

Tahun lalu dia membuat komentar yang sama pada tahun lalu sebagai bagian dari diskusi yang diselenggarakan oleh lembaga think tank Inggris, Policy Exchange. Di dalamnya, ia juga menyerukan pembentukan gugus tugas pandemi WHO yang baru.

Baca Juga :  PT Freeport Indonesia Buka Banyak Lowongan Kerja, Cek Posisi dan Persyaratannya

Bagi sebagian pengguna Twitter, peristiwa ini bukan hanya kebetulan dan tidak bisa dijelaskan oleh para pemimpin dunia yang peduli dengan kesehatan masyarakat selama pandemi global.

Sebaliknya, itu adalah bukti bahwa Gates, bagi pecinta teori konspirasi yang tidak puas dengan dugaan pria tersebut memasukkan microchip ke tubuh manusia melalui vaksin COVID, kembali melakukan sesuatu. Meskipun tidak jelas apa sebenarnya yang dituduhkan kepadanya.

Share :

Baca Juga

Dunia

Nasa Membuat Sejarah, Luncurkan Roket Pertama dari Australia

Dunia

Ganja Thailand: Dari Perang Narkoba Hingga Sajian Kari Mariyuana

Dunia

Memanas! 2 Pria India Penggal Pendukung Penghina Nabi Muhammad

Dunia

Jangan Lewatkan Bulan Purnama Pink Muncul Akhir Pekan Ini

Dunia

Reformasi Saudi dan Kemungkinan Normalisasi dengan Israel

Dunia

Lansia di Shanghai Ditemukan Masih Hidup saat Dibungkus Kantong Jenazah

Dunia

G7 Sepakat Tinggalkan Energi Batu Bara pada 2035

Dunia

Macron: Melarang wanita muslim Prancis mengenakan jilbab akan picu perang saudara