Home / Kesehatan

Selasa, 26 Juli 2022 - 11:44 WIB

Tiga Cara Ampuh Tidur Cepat dalam 30 Detik

Metode tidur cepat. PEXELS/ANDREA PIACQUADIO

Metode tidur cepat. PEXELS/ANDREA PIACQUADIO

AMORFATIMEDIA.COM – Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia guna mengistirahatkan tubuh dan otak setelah beraktivitas seharian. Namun, beberapa orang kerap mengalami kesulitan tidur dengan cepat di malam hari.

Kondisi tersebut bisa membuat waktu tidur jadi tidak teratur, dan kualitas tidur akan menurun. Jika berlangsung terus-menerus, berbagai efek negatif pada bagian tubuh dan otak bisa muncul.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mencoba tiga cara tidur cepat 30 detik berikut ini yang di lansir dari Healthline.

1. Tidur Cepat Mode Militer

Tidur cepat mode militer atau metode tentara ini pertama kali dilaporkan oleh Sharon Ackerman, mengutip triknya dari buku berjudul Relax and Win: Championship Performance.

Metode berikut diklaim efektif memengaruhi tubuh sehingga mampu tidur cepat, hanya dalam waktu kurang dari 1-2 menit. Berikut caranya:

  • Upayakan tubuh Anda benar-benar rileks dan otot-ototnya tidak tegang.
  • Kondisikan kamar tidur tetap bersih serta memakai pakaian nyaman.
  • Turunkan bahu untuk melepaskan ketegangan dan biarkan tangan rileks berada di samping tubuh Anda.
  • Cobalah tarik napas dalam-dalam dan embuskan perlahan sambil kosongkan pikiran, serta pusatkan otak Anda dengan memberi afirmasi bahwa sekarang waktunya istirahat tidur.
  • Buang jauh-jauh pikiran yang membuat cemas, gelisah, tegang, atau sebelum memasuki waktu tidur bisa melakukan kegiatan menyenangkan terlebih dulu.
  • Kemudian berbaring di atas kasur dengan rileks, sambil memejamkan mata.
Baca Juga :  Ketahui Manfaat Rutin Makan Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh

Apabila cara ini belum langsung berhasil membuat tidur cepat kurang dari 30 detik, tidak masalah. Anda dapat melatih kembali sampai benar-benar terbiasa dengan sendirinya.

2. Akupresur untuk Tidur

Cara tidur cepat 30 detik selanjutnya yang boleh dicoba adalah metode akupresur.

Akupresur merupakan metode alami yang dipercaya ampuh mengatasi insomnia atau gangguan tidur lainnya sehingga Anda akan lebih mudah tidur nyenyak.

Metode akupresur memusatkan empat titik saraf yang bisa dikendalikan secara mandiri untuk memicu rasa kantuk. Berikut langkahnya.

  • Pertama titik spirit gate, letaknya ada di lekukan bagian tengah pergelangan tangan sejajar dengan kelingking. Coba tekan lembut sambil gerakan memutar selama beberapa detik.
  • Posisikan tubuh Anda berbaring rileks seperti hendak tidur. Lakukan gerakan menekan lembut ini secara perlahan sampai muncul rasa kantuk.
  • Kedua titik persimpangan tiga yin, letaknya di atas sedikit pergelangan kaki bagian dalam. Sambil duduk santai tempelkan empat jari Anda di titik tersebut dengan gerakan naik turun.
  • Gerakan ini bisa bergantian dengan kaki sebelahnya untuk merangsang rasa kantuk sekaligus meredakan nyeri haid, serta sakit panggul.
  • Ketiga titik wind pool, letaknya di sisi kanan dan kiri belakang leher. Jika sudah menemukan titiknya tinggal tempel ibu jari di kedua titik sambil ditekan lembut dan gerakan naik turun.
  • Pijat lembut selama 4-5 detik, kemudian tarik napas perlahan dan embuskan supaya tubuh rileks dan rasa kantuk bisa datang lebih cepat.
  • Keempat titik bubbling spring, letaknya di telapak kaki bagian atas bahkan cukup mudah terlihat. Sekarang posisikan tubuh Anda untuk berbaring di atas kasur.
Baca Juga :  Enam Kebiasaan ini Bisa Merusak Kesehatan Mata
Lalu angkat kaki kiri dan tekuk ke dalam…

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Jangan Makan Sendirian Kalau Tidak Ingin di Incar Penyakit Ini!

Kesehatan

5 Tips Mengisi Daya Sahur untuk Puasa Berenergi!

Kesehatan

Dengan Cara Ini, Impotensi Akibat Diabetes Bisa Diatasi

Kesehatan

Konsumsi Jamur Psilocybin Buat Mengobati Depresi

Kesehatan

Khasiat Daun Salam, Salah Satunya Mencegah Kanker

Kesehatan

Virus Zika Bermutasi, Ahli Peringatkan Potensi Lebih Berbahaya

Kesehatan

Anak-anak yang terinfeksi Covid-19 Miliki Antibodi Alami Selama 7 Bulan

Kesehatan

Hati-hati Bakteri! Hindari Semangka Disimpan di Dalam Kulkas