Home / Amorfatibola

Rabu, 11 Mei 2022 - 06:30 WIB

UEFA Tetapkan Format Baru Liga Champions, Berlaku Mulai 2024-2025

Liga Champions Eropa. (UEFA.com)

Liga Champions Eropa. (UEFA.com)

AMORFATIMEDIA.OM Federasi sepakbola Eropa (UEFA) resmi memutuskan format baru Liga Champions. Format baru ini akan mulai diterapkan pada musim 2024-2025.

Semula, format anyar itu hanyalah sebuah kabar burung semata. Namun, pada Selasa (10/5/2022), Komite Eksekutif UEFA menyetujui format final dan daftar akses untuk kompetisi klub Eropa pada musim 2024/2025 setelah melakukan konsultasi menyeluruh dengan para pemangku kepentingan.

Keputusan tersebut merupakan lanjutan dari keputusan UEFA pada 19 April 2021 lalu. Dilansir dari laman resmi UEFA, Selasa (10/5/2022), ada beberapa aturan dan sistem baru yang nantinya akan diterapkan pada kompetisi terelite antar klub-klub Eropa tersebut.

Baca Juga :  Klopp Sebut Liverpool Sempat Kesulitan Melawan Ajax di Awal Babak Pertama

Dilansir dari laman resmi UEFA, Rabu (11/5/2022), format anyar Liga Champions tersebut bernama ‘Sistem Swiss’. Ada beberapa aturan dan sistem baru yang nantinya akan diterapkan pada kompetisi terelite antar klub-klub Eropa tersebut.

Pertama, jumlah peserta Liga Champions nantinya akan bertambah empat klub dari aturan sebelumnya. Artinya, akan ada 36 klub yang akan bertanding dari yang biasanya hanya 32 klub saja.

Kemudian, format baru Liga Champions nantinya tidak akan berjalan dengan sistem grup dan babak penyisihan lagi. Namun, Liga Champions akan memakai format liga, di mana setiap klub akan melakoni delapan pertandingan yang terbagi menjadi empat laga kandang dan empat laga tandang.

Baca Juga :  Liverpool ke Final Liga Champions, Jurgen Klopp Samai Rekor Legenda MU Sir Alex Ferguson

Dari hasil delapan pertandingan masing-masing klub, delapan klub teratas di klasemen otomatis mendapat tiket ke babak 16 besar. Lalu, sisa delapan slot lainnya akan diperebutkan oleh tim yang berada di peringkat 9-24 lewat babak play-off yang dimainkan dalam dua leg.

Nah, setelah itu barulah sistem gugur pada babak 16 besar yang sudah berjalan selama ini bakal dilakukan. Setiap tim akan tetap bermain dalam dua leg hingga babak semifinal dan akan bertanding dalam satu leg saja untuk partai puncak.

Share :

Baca Juga

Amorfatibola

Klopp Sebut Liverpool Sempat Kesulitan Melawan Ajax di Awal Babak Pertama

Amorfatibola

Bantai Filipina, Palestina Buka Jalan Timnas Indonesia ke Piala Asia

Amorfatibola

Arab Saudi Juara Piala Asia U-23 Tanpa Kebobolan
Update Bursa Transfer Liga Inggris 2022/2023

Amorfatibola

Update Bursa Transfer Liga Inggris 2022/2023

Amorfatibola

Barcelona Mengejutkan Real Madrid 4-0, Mengakhiri Kekalahan Beruntun

Amorfatibola

Demi Juara Liga Champions, PSG Dikabarkan Merekrut Psikolog Olahraga

Amorfatibola

Bikin Kejutan! Klub Futsal Atta Halilintar Gaet Dewa Futsal Ricardinho

Amorfatibola

Timnas U-23 Indonesia Kalah dengan Vietnam, Shin Tae-yong Angkat Bicara