Home / Amorfatibola

Rabu, 17 Agustus 2022 - 10:54 WIB

Ukuran Gawang Dalam Permainan Sepak Bola Standar Internasional

Ukuran gawang sepak bola yang digunakan pada laga Palmeiras v Atletico Goianiense di Allianz Arena, Sao Paulo, Brasil memenuhi standar FIFA. (Foto: Reuters)

Ukuran gawang sepak bola yang digunakan pada laga Palmeiras v Atletico Goianiense di Allianz Arena, Sao Paulo, Brasil memenuhi standar FIFA. (Foto: Reuters)

AMORFATIMEDIA.COM – Ukuran gawang sepakbola standar internasional jadi salah satu hal yang wajib diperhatikan jika ingin memainkan pertandingan secara resmi. Sebab, aturan soal gawang sepakbola ini jadi salah satu hal penting yang wajib diperhatikan.

Setiap pertandingan resmi yang digelar diketahui harus menggunakan ukuran gawang yang sesuai dengan standar yang ditetapkan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Ada ukuran paten untuk panjang, lebar, hingga tinggi gawang.

Panjang gawang sepakbola sesuai standar internasional adalah 7,32 meter atau sekira 8 yards. Panjang dari gawang ini berkaitan dengan ukuran lapangan sepakbola yang dipakai. Pengukurannya harus tetap memerhatikan penempatan kanan, kiri, serta posisi tepat di tengah.

Baca Juga :  Update Bursa Transfer Liga Inggris 2022/2023

Gawang sepak bola berbentuk persegi panjang yang terdiri dari dua tiang vertikal yang berjarak sama dari tiang bendera sudut dan dihubungkan di bagian atas oleh mistar gawang secara horizontal.

Tiang gawang dan mistar gawang harus terbuat dari bahan yang disetujui dan tidak boleh berbahaya. Tiang gawang dan mistar gawang dari kedua gawang harus memiliki bentuk yang sama baik ukuran, bahan, hingga bentuk.

Jika mistar gawang bergeser atau patah, permainan dihentikan sampai telah diperbaiki atau diganti pada posisinya. Permainan dimulai kembali dengan bola yang dijatuhkan oleh wasit.

Baca Juga :  Bantai Filipina, Palestina Buka Jalan Timnas Indonesia ke Piala Asia

Jika tidak dapat diperbaiki pertandingan harus ditunda. Tali atau bahan fleksibel atau berbahaya lainnya tidak boleh menggantikan mistar gawang. Jaring dapat dipasang ke gawang dan tanah di belakang gawang; mereka harus didukung dengan baik dan tidak boleh mengganggu penjaga gawang.

(Rodal/Pur)

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan setiap hari dari Amorfatimedia.com di Google News caranya Klik di Sini.

Share :

Baca Juga

Amorfatibola

Shin Tae-yong Merasa Indonesia Butuh 10 Tahun Untuk Bisa Kompetitif di Level Asia

Amorfatibola

Juru Gedor Ramadhan Sananta Harapan Baru Shin Tae-Yong Di Timnas Indonesia

Amorfatibola

Barcelona Mengejutkan Real Madrid 4-0, Mengakhiri Kekalahan Beruntun

Amorfatibola

Bantai Filipina, Palestina Buka Jalan Timnas Indonesia ke Piala Asia

Amorfatibola

Indonesia di Untungkan Lawan Vietnam di Laga Perdana SEA Games 2022

Amorfatibola

Klopp Sebut Liverpool Sempat Kesulitan Melawan Ajax di Awal Babak Pertama

Amorfatibola

UEFA Tetapkan Format Baru Liga Champions, Berlaku Mulai 2024-2025

Amorfatibola

Liverpool ke Final Liga Champions, Jurgen Klopp Samai Rekor Legenda MU Sir Alex Ferguson