Home / Kesehatan

Jumat, 15 April 2022 - 07:45 WIB

Virus Zika Bermutasi, Ahli Peringatkan Potensi Lebih Berbahaya

Ilustrasi nyamuk. (Pixabay/Skeeze)

Ilustrasi nyamuk. (Pixabay/Skeeze)

AMORFATIMEDIA.COM – Kemunculan virus Zika pada 2015 hingga 2016 telah menyebabkan ribuan bayi mengalami kerusakan otak. Menurut beberapa ahli, virus Zika bisa bermutasi dengan mudah dan menghasilkan varian baru yang tak kalah membahayakan.

Virus Zika biasanya menyebabkan beberapa gejala pada orang dewasa yang dapat mengganggu kesehatannya. Bahkan bila infeksi terjadi selama kehamilan, dampaknya pun berbahaya. Pasalnya, bayi dalam kandungan dapat terkena mikrosefali.

Kondisi tersebut membuat bayi yang dilahirkan memiliki kepala kecil dan terkadang kerusakan otak. Wabah pada akhir 2015 pernah dikaitkan dengan mikrosefali dan terjadi di lebih dari 30 negara.

Baca Juga :  Jangan Minum Teh Saat Sedang Haid, Ini Alasannya

“Bila varian ini menyebar luas, kita mungkin akan menghadapi masalah yang sama di kehidupan nyata,” kata ketua tim peneliti Prof Sujan Shresta, seperti dilansir The Sun, Jum’at, 15 April 2022.

Berdasarkan temuan dalam studi yang dimuat pada jurnal Cell Reports ini, tim peneliti mengimbau agar dunia tetap memantau perkembangan virus Zika dengan hati-hati. Kewaspadaan juga perlu dimiliki oleh negara-negara yang sudah memiliki kekebalan dari riwayat wabah sebelumnya.

Virus Zika umumnya disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes yang terinfeksi. Nyamuk ini biasanya menggigit pada siang dan malam.

Baca Juga :  Rabu 12 Oktober, Bawaslu Lingga Umumkan Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Panwascam

Namun selain lewat gigitan nyamuk, virus Zika juga bisa ditransmisikan secara seksual. Hal ini diketahui setelah sebuah studi menemukan bahwa virus Zika bisa bertahan pada mani laki-laki yang terinfeksi selama berbulan-bulan.

Pada orang yang terinfeksi, virus Zika sebenarnya hanya memicu gejala yang ringan. Hanya satu dari lima orang terinfeksi yang menjadi cukup sakit. Beberapa gejala yang ditimbulkan dari infeksi virus Zika adalah ruam di kulit, gatal, nyeri sendi, sakit kepala, demam, dan nyeri punggung bawah.

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Cara Ampuh Mengatasi Gusi Bengakak dengan Bahan Alami dari Dapur

Kesehatan

10 Tanda Penyakit Ginjal Ini Perlu Diwaspadai, Keinginan Kencing terus-menerus

Kesehatan

Jangan Makan Sendirian Kalau Tidak Ingin di Incar Penyakit Ini!

Kesehatan

Tiga Cara Ampuh Tidur Cepat dalam 30 Detik

Kesehatan

Ketahui Manfaat Rutin Makan Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Muncul Ancaman Virus Hendra, Kenali Gejala, Penyebab dan Pencegahannya

Kesehatan

Viral! Keseringan Begadang Wanita 21 Tahun Kena Stroke hingga Koma

Kesehatan

7 Penyebab Sakit Tenggorokan, Bisa Jadi Tumor