Home / Islam Digest

Kamis, 14 April 2022 - 16:06 WIB

Wajib Dicoba! 4 Jenis Obat yang Disebut dalam Alquran

Kurma Nabi. Foto: iStock

Kurma Nabi. Foto: iStock

AMORFATIMEDIA.COM – Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang di dalamnya mengandung penjelasan semua yang dibutuhkan oleh manusia. Tidak ada yang ditinggalkan oleh Al-Qur’an dalam kaitannya dengan kebutuhan umat manusia.

Dalam hadis disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “…sesungguhnya Allah tidak menciptakan penyakit kecuali menyediakan pula obatnya, kecuali satu penyakit.” (HR. Ahmad dalam musnadnya dan At-Tirmidzi dalam Sunannya)

Nah, berikut ini beberapa obat yang disebutkan dalam Alquran

1. Madu

Madu merupakan salah satu obat yang mujarab menyembuhkan berbagai penyakit. Dikutip dari buku Pengobatan Cara Nabi, madu dapat digunakan untuk mengobati beraneka ragam penyakit seperti thypus, penurunan fungsi usus dan lambung yang disertai muntaber, lever kronis, impotensi umum, keracunan karena tertahannya air kencing, atau karena zat ekternal seperti zirnikh.

Dalam buku karya Nadiah Thayyara berjudul Buku Pintar Sains dalam Alquran, madu juga disebut bisa digunakan untuk mengobati luka bahkan penyembuhannya lebih cepat daripada obat. Misalnya, menyembuhkan luka akibat terlalu lama berbaring yang biasa dialami oleh orang tua yang berusia lanjut yang sulit bergerak.

Di dalam QS. An-Nahl ayat 68-69 Allah SWT berfirman:

Baca Juga :  Mengulik Burung dalam Alquran, Burung Hud-Hud

وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ (68) ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (69) }

Artinya: “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan ditempat yang dibuat manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.”

2. Minyak Zaitun

Imam Al-Qurtubi mengatakan zaitun memiliki banyak manfaat terutama dalam bentuk ekstrak minyak.

Pohonnya merupakan yang pertama kali tumbuh di bumi sejak peristiwa banjir di masa nabi Nuh. Buahnya juga disebut memiliki berkah besar katena didoakan 70 nabi.

Beberapa manfaat minyak zaitun di antaranya mencegah penyakit kulit dan kanker payudara, kanker rahim, kanker perut dan usus besar apabila dikonsumsi satu sendok setiap hari. Kemudian juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi tekanan darah tinggi

Baca Juga :  Mengenal Allah Lebih Dekat

Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nur ayat 35:

اَللّٰهُ نُوۡرُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ ‌ؕ مَثَلُ نُوۡرِهٖ كَمِشۡكٰوةٍ فِيۡهَا مِصۡبَاحٌ‌ ؕ الۡمِصۡبَاحُ فِىۡ زُجَاجَةٍ‌ ؕ اَلزُّجَاجَةُ كَاَنَّهَا كَوۡكَبٌ دُرِّىٌّ يُّوۡقَدُ مِنۡ شَجَرَةٍ مُّبٰـرَكَةٍ زَيۡتُوۡنَةٍ لَّا شَرۡقِيَّةٍ وَّلَا غَرۡبِيَّةٍ ۙ يَّـكَادُ زَيۡتُهَا يُضِىۡٓءُ وَلَوۡ لَمۡ تَمۡسَسۡهُ نَارٌ‌ ؕ نُوۡرٌ عَلٰى نُوۡرٍ‌ ؕ يَهۡدِى اللّٰهُ لِنُوۡرِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ‌ ؕ وَ يَضۡرِبُ اللّٰهُ الۡاَمۡثَالَ لِلنَّاسِ‌ؕ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَىۡءٍ عَلِيۡمٌ

“Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS An Nuur: 35)

Share :

Baca Juga

Islam Digest

Ternyata Ini yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW Sebelum Memulai Bisnis

Islam Digest

Doa Akhir Tahun Hijriyah dan Awal Tahun Serta Keistimewaannya

Islam Digest

Kalau Ada Masalah Jangan Curhat ke Manusia, Curhatlah kepada Allah

Islam Digest

Dampak Meninggalkan Shalat Wajib dengan Sengaja

Islam Digest

Inilah Golongan yang akan Merugi pada Hari Kiamat

Islam Digest

Bacaan Niat Sholat Dhuha Lengkap dengan Doa dan Tata Caranya

Islam Digest

10 Kiat Agar Tidak Diganggu Setan

Islam Digest

Bumi dan Malaikat Menangisi Kepergian Ramadhan